IV. Mengunci Kolom dan Baris dengan Cara Praktis

Bagi segelintir orang, penggunaan rumus-rumus seperi dalam Libre Office Calc masih terasa sulit. Tidak banyak orang yang tahu penggunaan fungsi-fungsi pada aplikasi tersebut kecuali yang sering digunakan saja terutama bagi pemula. Termasuk penggunaan tanda dollar ($) untuk penulisan fungsi referensi (reference function). Pengguna awam tentu akan melakukan cara manual dan itu pasti merepotkan untuk mengkopi rumus pada suatu cell untuk cell yang lain dengan benar.

Intinya ada 4 macam teknik pengkopian rumus untuk mengkopi rumus pada cell tertentu ke celltertentu lainnya yaitu relative column – relative row, absolute column – absolute row, absolute column – relative row, dan relative column – absolute row. Berikut penjelasan bagaimana cara menggunakan pengkopian rumus pada Excel maupun Calc.

  • Relative  column dan relatif  row artinya kalau kita mengkopi rumus dari cell tertentu ke cell tertentu lainnya maka hasilnya akan dilakukan penyesuaian rumus  sesuai posisi relatif cell yang berisi rumus sebelumnya. Di sini tidak dibuat perlakuan khusus namun langsung kopi saja rumus yang ada ke cell lain.
  • Absolute column dan absolute row, missal kita akan menuliskan rumus bahwa nilai pada cell A2 = A1 secara absolut. Kita berencana untuk mengkopikannya ke setiap cell lain persis sama dengan rumus pada cell A2. Di sini kita perlu mengunci rumus pada cell A2 secara mutlak (baik baris maupun kolom) dengan penulisan  =$A$1. Rumus pada cell A2 itu jika dikopikan ke cell manapun maka rumus pada cell A2 akan terkopikan di cell tersebut secara absolut atau sama persis dgn rumus pada cell A2.
    Misal ingin mengkopi rumus di cell A2 ke A3, dan hasilnya pada cell A3  tetap  sama dengan rumus yang kita tulis pada cell A2 tadi (yaitu =$A$1). Jika dikopikan ke cell B2 maka hasilnya juga tetap =$A$1.
  • Absolute column dan relative row artinya kita akan mengunci rumus hanya pada kolom saja sedangkan baris (row) akan menyesuaikan dimana letak rumus itu dikopikan. Seperti akan menuliskan rumus bahwa nilai pada cell A2 sama dengan A1 secara absolut pada kolom tetapi relatif pada baris.   Penulisan rumusnya di  cell A2 adalah =$A1.  Jika kita ingin mengkopi rumus di cell A2 ke A3 maka hasilnya pada cell A3 adalah $A2; jika dikopikan ke cell A4 hasilnya adalah $A3 begitu seterusnya. Jika dikopikan ke cel B2 maka hasilnya $A1; jika dikopikan ke B3 maka hasilnya $A2; jika dikopikan ke cell B4 maka hasilnya adalah $A3 dan seterusnya. Jika dikopikan ke cell C2 maka hasilnya $A1.
    Perhatikan di sini yang berubah adalah barisya saja sementara kolomnya tetap mengacu pada kolom A sesuai rumus pada cell A2.
  • Relative Column dan absolute row. Di sini kita akan mengunci rumus hanya pada  baris saja sedangkan  kolom akan menyesuaikan dimana letak rumus itu dikopikan.
    Misalnya kita akan menuliskan rumus bahwa nilai pada cell A2 sama dengan A1 secara absolut pada  baris tetapi relatif pada kolom.   Pemulisan rumusnya di  cell A2 adalah =A$1.  Jika kita ingin mengkopi rumus di cell A2 ke A3 maka hasilnya pada cell A3 adalah $A1; jika dikopikan ke cell A4 hasilnya adalah $A1 begitu seterusnya. Jika dikopikan ke cel B2 maka hasilnya $B1; jika dikopikan ke B3 maka hasilnya $B1; jika dikopikan ke cell B4 maka hasilnya adalah $B1 dan seterusnya. Jika dikopikan ke cell C2 maka hasilnya $C1.
    Perhatikan di sini yang berubah adalah kolomnya saja sementara barisnya tetap mengacu pada baris 1 sesuai rumus pada cell A2.

Itulah tips mudah memahami bagaimana cara menggunakan tanda Dollar $. Dimana kita bias memahami sesuatu apabila kita mau menjabarkan pemahaman itu secara satu-persatu agar lebih mudah dimengerti.

Leave a comment