I.Positif dan Negatifnya Google sebagai Search Engine

Google merupakan mesin pencarian terbesar di dunia yang digunakan dalam mencari data dalam teknologi internet. Tak hanya sebagai mesin pencarian, google juga memiliki dampak positif lain yang belum banyak diketahui orang. Dampak positifnya ialah :

1. Mencari kode area telepon

Jika ingin mencari suatu lokasi dari kode area telepon tertentu, kita dapat menggunakan google sebagai alternative terbaik. Dengan mengetikkan kode area daerah tersebut dengan mudah google akan memberikan lokasi atau wilayah dengan tampilan peta sesuai yang kkita butuhkan.

2. Mencari dalam rentang numerik tertentu dengan tanda“..”

Dengan tanda “..” kita bisa tahu apa saja tentang suatu subjek tertentu, seperti “biru” dengan kata tersebut kita bisa menemukan beragam hal tentang warna biru.

3. Mencari dokumen yang spesifik

Jika kita ingin mencari suatu file-file tertentu kita bias menambahkan “:”, contohnya seperti Search Engine:xls.

4. Memberi pengecualian khusus pada kata yang diberi tanda ‘_’

Jika kita ingin mencari nama seseorang kita tinggal menambahkan tanda ‘_’, contohnya ‘Yuli Pinasthika’. Maka dengan secara langsung kita akan menemukan nama orang tersebut.

5. Menganalisa kata kunci pada situs tertentu

Bila kita ingin mencari suatu kata kunci. Namun, kita belum yakin dengan kata kunci yang kita gunakan, kita bisa menggunakan kata ‘site’, seperti “Seputar Blog” site:xhotoshoptuts.heck.in.

6. Sebagai alat konversi mata uang yang cepat

Kita juga dapat mengkonversikan mata uang seperti, 100 pounds in dollars.

7. Mengecek waktu pada saat yang bersamaan di wilayah / negara lain

Fitur ini memungkinkan untuk mencari waktu di suatu tempat dengan cara menambahkan time. Seperti : time Inggris.

8. Gunakan google sebagai alat pemeriksa ejaan.

JIka kita tidak yakin dengan ejaan yang kita gunakan kita tinggal memasukkan ejaan ke dalam google.Jika tidak benar goggle akan menyarankan ejaan yang benar. Bila kita ingin mencari definisi kita bias mengetik ‘define’. Hal ini untuk mengfungsikan Google sebagai kamus. Contoh penulisannya: define: Symphatetic.

10. Google Sebagai Kalkulator Online

Google telah memiliki built-in calculator, dengan memasukkan kunci perhitungan seperti ini misalnya: 270 * (55 / 5 + 3), anda akan melihat hasilnya: 270 * ((55 / 5) + 3) = 3.780.

Namun, tanpa kita tahu ternyata google sebagai search engine juga memiliki dampak negatif. Tanpa kita sadari kita hanya focus kepada kesempurnaan dan kecanggihan google. Padahal di balik itu ada kenyataan bahwa google memiliki dampak yang kurang baik. Kecanggihannya yang memudahkan kita untuk mencari sesuatu membuat kita merasa dimanjakan. Kita tidak perlu lagi bersusah payah mencari buku untuk membaca materi yang kita inginkan. Secara praktis kita hanya tinggal membuka google dan mengetikkan kata yang kita inginkan.

Kaidah dasar yang mungkin bisa dijadikan rujukan dari hal ini bahwa semua kesempurnaan bikinan manusia adalah cacat, selebihnya hanya pada cerdas tidaknya menyembunyikan atau menciptakan kesan seolah-olah cacat itu memang tidak ada. Kembali lagi, kemudian tetap disimpulkan bahwa semua hasil kreasi manusia cacat, terlepas pada besar kecilnya cacat tersebut.

Efek yang timbul, Google berhasil menciptakan kesan atau citra bahwa mereka adalah search engine paling sempurna. Apalagi secara popularitas dan kebergantungan masyarakat dunia pada alat  tersebut berada jauh di atas lainnya, semisal Bing, Yahoo!, dan lainnya.

Secara objektif google terkesan melemahkan otak manusia. Dimana setiap orang bebas menggunakannya kapanpun bahakan dari Handphone atau iPhone. Sehingga semua orang hanya menganggap remeh dan tidak pernah hafal akan apa yang sudah mereka dapatkan karena hanya bergantung pada google, bahkan mencari definisi pun harus mencari di google karena lemahnya otak manusia. Jelas, pelan-pelan otak termanjakan ketika secara fungsi, sejatinya ia berguna pula untuk mengingat, apalagi dengan atribut dimiliki otak memiliki jumlah sel sampai 1 triliun. Hingga tidak ada lagi tradisi dahulu dimana siswa dibebankan untuk mencari ilmu dengan usaha sendiri.

Namun, kembali pada diri individu masing-masing hanya menjadikan informasi yang muncul dari google hanya sebagai kajian atau malah sebaliknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s