Perkembangan Teknologi Setelah Adanya Budaya Modern

Seperti yang kita ketahui, sebelum adanya budaya modern yang masuk ke Indonesia, kehidupan masyarakat kita dikenal dengan kehidupan yang berbudaya. Dulunya teknologi yang digunakan berupa teknologi sederhana. Sekarang sejak adanya arus globalisasi teknologi yang sederhana berubah menjadi teknologi canggih. Akibatnya, teknologi saat ini merupakan teknologi modern. Banyak anak muda yang menganggap teknologi tradisional kuno, dan lebih memilih berpaling dengan teknologi modern.

Gambar

Gambar

Lihat saja, adanya teknologi baru ini membuat anak muda menjadi terlena dan melupakan budaya tradisional itu sendiri. Sehingga dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari kepatuhan terhadap orangtua semakin berkurang karena seorang anak sibuk bermain handphone ketika orangtua berbicara. Selain itu, kebanyakan dari para remaja banyak yang tidak sadar diri terhadap dampak negatif teknologi canggih, misalnya saja pemakaian internet yang sembarangan mengakibatkan perilaku tidak baik. Seperti menonton sesuatu yang tidak baik untuk ditonton. Selain itu, teknologi canggih ini juga membuat kita seakan lupa diri saat menggunakannnya. Ketika sibuk dengan blacberry messenger kita jadi lupa akan waktu sholat.

Atas apa yang terjadi siapa yang mesti disalahkan? Budaya modern dengan teknologi canggihkah? Atau para remaja dan masyarakat Indonesia?

6 thoughts on “Perkembangan Teknologi Setelah Adanya Budaya Modern

  1. Menurut saya satu hal yang harus kita ingat yaitu kita harus mengetahui batas – batas yang baik tentang teknologi itu sendiri, kita harus tau apa dampak positif dan dampak negatif yang kita dapat dari setiap perkembangan teknologi itu dan kita harus menguasai teknologi itu bukan malah dikuasai. Jadilah pribadi anak muda yang berpikir global namun semangat lokal maksudnya kita dapat mengikuti arus globalisasi ini namun kita selalu mengingatkan diri kita akan budaya asal kita dan semangat lokal kita.

    • Ya tentu saja, tapi seiring perubahan budaya masyarakat kita kebanyakan tidak memiliki kesadaran diri, yang mereka lakukan hanya meniru dan meniru tetapi tidak pernah memperbaiki sesuatu yang sudah jelas salah.

  2. memang kehidupan di zaman modern ini tak terlepas dari masalah kemajuan teknologi yang dapat mengakibatkan banyak perubahan pada adat dan kebiasaan hidup, seperti artikel anda yang menyebut kan bahwa anak yang tidak mendengar orang tua ketika orang tua nya sedang berbicara karena sibuk dengan handphone atau teknologi lainya, bagaimana caranya agar tidak terjadi perilaku tersebut,

    • Tentu saja dengan didikan orangtua yang mengharuskan anak untuk tidak menggunakan handphone saat sedang berbicara dengan orangtua, karena itu merupakan perilaku yang tidak sopan

  3. menurut saya artikel ini lebih membahas masalah pergeseran budaya setelah adanya teknologi modern, bukannya perkembangan teknologi setelah adanya budaya modern. Akan lebih baik jika judul artikel ini disesuaikan dengan apa yang dibahas. terimaksih🙂

    • Ya tapi saya menekankan kepada perkembangan teknologi setelah adanya budaya modern yang membuat dampak buruk bagi kehidupan masyarakat. Coba anda pelajari lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s