Apakah pantas Bahasa Indonesia disebut sebagai Bahasa Ilmu Pengetahuan?

Bahasa Indonesia adalah bahasa yang masih hidup dan berkembang dengan menghasilkan kata-kata yang baru, baik melalui penciptaan maupun penyerapan dari bahasa daerah dan bahasa asing. Bahasa Indonesia merupakan bahasa serapan karena berasal dari negara-negara asing. Oleh karena itu, Bahasa Indonesia disebut sebagai bahasa ilmu pengetahuan karena telah mendapat pengakuan dari negara-negara di dunia. Hal ini dibuktikan dengan adanya jurusan Bahasa Indonesia di universitas-universitas di luar negeri. Selain itu, Bahasa Indonesia memiliki aturan yang tegas dan dipakai oleh seluruh rakyat Indonesia.

Adapun fungsi Bahasa Indonesia sebagai ilmu pengetahuan, yaitu sebagai lambang kebanggaan nasional, lambang identitas nasional, alat pemersatu berbagai masyarakat yang berbeda-beda latar belakang sosial budaya dan bahasanya, dan alat penghubung antarbudaya antardaerah. Sebagai lambang kebanggaan Nasional bahasa Indonesia memancarkan nilai- nilai sosial budaya luhur bangsa Indonesia. Sebagai lambang identitas nasional, Bahasa Indonesia merupakan lambang bangsa Indonesia yang menggambarkan jati diri Indonesia. Alat pemersatu berbagai masyarakat yang berbeda-beda latar belakang sosial budaya dan bahasanya, yaitu memungkinkan masyarakat Indonesia yang beragam latar belakang sosial budaya dan berbeda-beda bahasanya dapat menyatu dan bersatu dalam kebangsaan, cita-cita, dan rasa nasib yang sama. Alat penghubung antarbudaya antardaerah dimana manfaat Bahasa Indonesia dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Pentingnya Bahasa Indonesia sebagai ilmu pengetahuan memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positif dari adanya Bahasa Indonesia sebagai ilmu pengetahuan, yaitu sebagai bahasa media massa untuk menunjang perkembangan teknologi. Misalnya, adanya bahasa dapat memudahkan kita menyampaikan maksud dan tujuan kita atau ide-ide yang kita miliki kepada orang lain. Dampak negatif dari adanya Bahasa Indonesia sebagai ilmu pengetahuan, yaitu Dampak negatif dari adanya Bahasa Indonesia sebagai ilmu pengetahuan, yaitu timbulnya beberapa kesulitan bagi masyarakat Indonesia untuk menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Adanya Bahasa Indonesia juga menyebabkan pro dan kontra atas apa pentingnya bahasa tersebut dijadikan ilmu pengetahuan. Sedangkan, banyak orang berpikir mempelajari bahasa itu tidak ada gunanya. Padahal dengan adanya bahasa kita dapat memahami struktur bahasa secara jelas. Selain itu, bahasa berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang pantas sebagai ilmu pengetahuan. Karena hampir seluruh dunia mengakui Bahasa Indonesia. Termasuk di Vietnam pada tahun 2007, mengakui bahwa Bahasa Indonesia adalah bahasa kedua di negaranya. Bahasa Indonesia berasal dari serapan bahasa asing. Terbukti bahwa Bahasa Indonesia masuk dalam sepuluh besar bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, sekitar 259 juta orang memakai Bahasa Indonesia. Selain itu, dari Fungsi Bahasa Indonesia juga sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari, baik itu di sekolah maupun perguruan tinggi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s