Dasar Pemrograman Algoritma

Kali ini kita akan membahas Dasar Pemrograman, dalam memahami Dasar Pemrograman kita akan mengenal istilah-istilah seperti apa itu algoritma, bagaimana bahasa pemrogramannya, variabel, operator, software (perangkat lunak), serta contoh pemrogramannya. Sekarang kita masuk ke materi mengenai pengenalan mengenai apa itu algoritma. Tentunya kalian tidak tahukan?

  • Pengenalan Algoritma

Algoritma adalah urutan langkah yang logis dan terstruktur untuk memecahkan suatu permasalahan.  Urutan langkah-langkah pada algoritma haruslah berupa urutan yang pasti, tidak ambigu, dan memiliki 1 output atau lebih. Dalam membuat algoritma ada 2 hal yang perlu diperhatikan, yang pertama adalah konsep pemikiran. Tentunya pemikiran antara satu orang dengan orang lainnya tidak sama. Yang kedua, yaitu tulisan. Tulisan dapat berupa tabel, gambar, dan kalimat. Komputer merupakan pelaksana algoritma, karena dengan algoritmalah komputer mampu menyelesaikan kumpulan- kumpulan instruksi. Tidak hanya komputer sebagai pelaksananya, melainkan juga manusia juga berkomunikasi dengan komputer dengan cara memberikan instruksi-instruksi yang biasa disebut dengan program.

  • Bahasa Pemrograman

Pengertian C++

C++ adalah bahasa pemrograman komputer C++ dikembangkan di Bell Labs (Bjarne Stroustrup) pada awal tahun 1970-an. Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu BCL, Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix. Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) Bahasa pemrograman C menjadi versi dominan. Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded, Bjarne Stroustrup pada Bell labs pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an. Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low level coding). Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru, seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming).

Perbedaan Antara Bahasa pemrograman C dan C++ meskipun bahasa-bahasa tersebut menggunakan sintaks yang sama, tetapi mereka memiliki perbedaan. C merupakan bahasa pemrograman prosedural, dimana penyelesaian suatu masalah dilakukan dengan membagi-bagi masalah tersebut kedalam sub-submasalah yang lebih kecil. Selain itu, C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat Pemrograman berorientasi objek. Untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik, Class tersebut berisi keadaan object, anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya. Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class.

Contoh Program C++
Contoh program sederhana C++ untuk hello world dengan menggunakan Pustaka Dasar C++ dapat dilihat di bawah ini:

# include
void main()
{
Cout << “hello world\n”;
}


Pengertian Pascal

Pascal adalah bahasa tingkat tinggi (High Level Languange), yaitu bahasa pemrograman yang mudah dipahami oleh bahasa manusia. Pascal merupakan bahasa yang terstruktur, tersusun atas sejumlah blok. Blok-blok yang kecil selanjutnya dapat dipakai untuk membuat blok yang lebih besar. Blok ini lebih dikenal dengan sebutan subprogram, yang dibedakan atas prosedur dan fungsi.

Contoh program Hello World menggunakan bahasa pascal adalah sebagai berikut:

Program HelloWorld;

begin

writeln(‘Hello world’);

end.

  • Variabel

apa itu variabel??? mari simak sedikit penjelasan berikut ini.


Secara umum dalam bahasa pemrograman variabel memiliki makna suatu pengenal di dalam program yang mempresentasikan nilai atau data tertentu yang mana nilai itu bisa saja berubah selama proses eksekusi program.
Biasanya untuk menuliskan variabel pada sebuah program, setiap program memiliki cara penulisan masing-masing.
Namun, secara umum ketentuan dalam pemberian variabel pada program bisa kita lihat seperti berikut:

—Nama variabel bersifat case sensitive. Maksudnya, kesalahan mengetik huruf besar/huruf kecil dalam memanggil variabel akan membuat si variabel ini tidak terpanggil.
—Pemberian nama variabel harus unik, tidak boleh sama dengan kata kunci bawaan C++ maupun fungsi.
—Sebuah variabel tidak boleh mengandung spasi.
—Hanya boleh diawali dengan huruf dan underscore, tidak boleh diawali angka atau karakter/simbol khusus.
—Jika nama sebuah variabel lebih dari 32 karakter, maka yang akan terbaca komputer hanya 32 karakter pertama saja, selebihnya tidak akan dianggap, tetapi masih dapat dieksekusi.

Berikut ini adalah contoh penulisan sebuah variabel pada c++ :

int a;                    Penulisan di samping juga bisa ditulis seperti int a,b,c;
int b;
int c;

//Artinya kita akan memasukkan sebuah variabel a,b, dan c pada program yang masing-masing memiliki nilai tertentu.

  • Operator

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak hanya menemui  operator pada suatu perusahaan atau tempat-tempat wisata saja. Dalam dasar Pemrograman kita juga menjumpai istilah operator. Apa itu operator? Operator merupakan simbol yang memberikan instruksi kepada komputer untuk melakukan sebuah operasi pada variabel yang telah ditentukan.

Operator dikategorikan menjadi 4 macam, yaitu :

  1. Operator assignment (pengisian), yaitu operator yang berguna untuk menginput nilai ke dalam suatu variabel.  Operator pengisian pada pemrograman biasanya menggunakan simbol ‘=’.
  2. Operator aritmetika, yaitu operator perhitungan standar seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, dan lain-lain. Operator aritmetika dapat berupa ‘+’,’-‘,’*’,’/’,’%’,’++’, atau ‘–‘. Perlu kita ingat bahwa simbol ‘++’ berguna untuk menaikkan nilai variabel sebesar 1. Sedangkan, simbol ‘–‘ berguna untuk menurunkan variabel sebesar 1.
  3. Operator relasional, yaitu operator yang berguna dalam membandingkan nilai yang satu dengan nilai lainnya. Contohnya $a == $b, yaitu memeriksa apakah $a=$b.
  4. Operator logika, yaitu mengoperasikan dua buah operator dengan tipe boolean seperti, AND(&&), OR (||), dan NOT (!).
  • Software

Software yang bisa kita pakai sebenarnya sangat banyak. Namun, di bawah ini terdapat beberapa contoh softwarea yang bisa kita pakai

1. Gedit

Gedit sama halnya seperti Notepad yang ada di Microsoft Windows. Gedit bersifat open-source dan tentunya ada di linux.

gedit-django-scheme

2. Kita bisa memakai Borland C++. Software ini banyak dipakai oleh para pengembang. Borland juga bisa dijalankan di linux ataupun windows. Di bawah ini merupakan contoh software Borland C++

borland

  • Contoh Pemrograman

Di bawah ini ada beberapa contoh program, bahasa pemrograman yang dipakai pada program ini adalah c++.

1. Menghitung akar

#include <cstdlib>
#include <iostream>
#include <math.h>

using namespace std;

int main(int argc, char *argv[])
{
int a,b,c;
long disk;
float x1,x2;

cout<<”koefesien pangkat 2 : “;cin>>a;
cout<<”koefesien pangkat 1 : “;cin>>b;
cout<<”koefesien pangkat 0 : “;cin>>c;

if(a==0){
cout<<”bukan persamaan kuadrat”<<endl;
cout<<”harga akar = “<<-c/b;}
else{
disk=b*b-4*a*c;
if (disk>0){
x1=-b+sqrt(disk)/(2*a);
x1=-b-sqrt(disk)/(2*a);
cout<<”diskriminan = “<<disk<<endl;
cout<<”x1 = “<<x1<<endl;
cout<<”x2 = “<<x2<<endl;}
else if(disk==0){
x1=-b/(2*a);
x2=x1;
cout<<”diskriminan = 0″<<endl;
cout<<”x1 = “<<x1<<endl;
cout<<”x2 = “<<x2<<endl;}
else
cout<<”Akar imajiner”<<endl;
}
cout<<endl;

system(“PAUSE”);
return EXIT_SUCCESS;
}

2.  Menghitung Faktorial

#include <cstdlib>
#include <iostream>
using namespace std;
int main(int argc, char *argv[])
{
long a,b,m;
cout<<”masukkan nilai factorial:”;
cin>>a;
b=1;
for(m=1;m<=a;m++)
b=b*m;
cout<<”Hasil faktorial dari”<<a<<” adalah”<<b;
system(“PAUSE”);
return EXIT_SUCCESS;
}

One thought on “Dasar Pemrograman Algoritma

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s